Kamis, 30 Agustus 2012

Contoh Rangkaian Gelombang Elektromagnetik

Rangkaian Pendeteksi Ponsel
Rangkaian pendeteksi ponsel ini berupa transmisi mobile ukuran saku yang  dapat merasakan kehadiran ponsel aktif dari jarak satu setengah meter. Sehingga dapat digunakan untuk mencegah penggunaan ponsel di ruang pemeriksaan, ruang rahasia, dan lain-lain.  Hal ini juga berguna untuk mendeteksi penggunaan telepon selular untuk memata-matai dan transmisi video yang tidak sah. 


Rangkaian Suara Cahaya
Rangkaian suara cahaya adalah rangkaian eksperimental yang mengkonversi cahaya menjadi suara. Perangkat ini menggunakan sel surya sebagai input transduser, merintangi arus DC yang dihasilkan oleh sel surya, tapi menguatkan cahaya yang diterima oleh sel surya. Sinar matahari, cahaya bulan, cahaya obor menghasilkan semua suara yang diperkuat oleh pesawat ini.

Rangkaian Power Amplifier RF FM 300W

Rangkaian Power Amplifier RF FM 300W. Radio frequency (RF) mengarah kepada gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang yang biasa digunakan pada  radio communication. Gelombang radio diklasifikasikan menurut frekuensinya, yang  diukur dalam Kilo Hertz, Mega Hertz, atau Giga Hertz.

Rangkaian Detektor Petir
Rangkaian Detektor Petir. Petir adalah suatu fenomena alam, yang pembentukannya berasal dari terpisahnya muatan di dalam awan cumulonimbus (yang terbentuk akibat adanya pergerakan udara keatas akibat panas dari permukaan laut serta adanya udara yang lembab). Umumnya muatan negatif terkumpul dibagian bawah dan ini menyebabkan terinduksinya muatan positif di atas permukaan tanah. 

Rangkaian Pendeteksi Radiasi
Rangkaian Pendeteksi Radiasi. Radiasi adalah pemancaran dan perambatan gelombang yang membawa tenaga melalui ruang atau antara, misal pemancaran dan perambatan gelombang elektromagnetik, gelombang bunyi,gelombang lenting, penyinaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa radiasi bukan hanya radiasi nuklir, tetapi juga radiasi lain seperti gelombang radio, gelombang televisi, pancaran sinar matahari, dan lain-lain.

Rangkaian Pemancar dan Penerima Laser
Rangkaian pemancar dan penerima laser. Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of  Radiation) merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat dengan mata normal, melalui proses pancaran terstimulasi. Pancaran laser biasanya tunggal, memancarkan foton dalam pancaran koheren. Laser juga dapat dikatakan efek dari mekanika kuantum. 

Rangkaian Pemancar TV Sederhana
Rangkaian pemancar TV Sederhana merupakan proyek kita kali ini. Fungsi pemancar TV adalah mengubah gambar dan suara menjadi gelombang elektromagnetik yang akan ditangkap oleh penerima televisi. Pada dasarnya sebuah pemancar televisi terdiri atas pemancar video dan pemancar audio secara terpisah. Kedua pemncar ini masing-masing untuk program gambar dan program suara. 

Rangkaian Penerima Ultrasonik
Rangkaian penerima ultrasonik sebenarnya mempunyai cara kerja yang cukup sederhana. Dimana tidak ada sistem modulasi atau pengiriman data yang diterapkan. Rangkaian penerima ini hanya difungsikan untuk mengaktifkan relay pada saat adanya pancaran sinyal ultrasonik dari rangkaian pemancar. Beban yang akan Anda saklarkan terserah Anda, karena sudah berada di luar sistem rangkaian.

Rangkaian Transceiver 144 MHz
Rangkaian Transceiver 144 MHz. Rasanya kurang pas apabila di dalam blog/web site ini tidak dimuat pula transceiver untuk frekuensi 144 MHz (gelombang 2 meter). Barangkali sering kali kita dengar istilah 2 meter band / radio dua meter dalam percakapan melalui komunikasi radio, apa maksudnya ? Dua meter yang dimaksud adalah panjang suatu gelombang elektromagnetik.

Rangkaian Mikrofon Tanpa Kabel
Rangkaian mikrofon tanpa kabel adalah suatu rangkaian elektronik yang berfungsi mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik lalu dipancarkan dalam bentuk gelombang elektromagnetik, gelombang ini kemudian ditangkap oleh suatu rangkaian penerima yang mengubahnya menjadi gelombang suara kembali. Pada dasarnya prinsip kerja dari rangkaian peralatan wireless adalah sama, khususnya peralatan wireless yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik.

Rangkaian Pemancar Radio FM
Rangkaian pemancar radio FM ini merupakan pemancar FM mini dengan jangkauan siar sekitar 300-400 meter. Bila menggunakan tegangan kerja 9 volt maka daya pancar sekitar 300 meter dan bila menggunakan tegangan kerja 12 volt maka jangkauan sekitar 400-450 meter, tergantung dari antena yang Anda gunakan. Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar